Senin, 20 Oktober 2014

Pendidikan Biologi Universitas Jember

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
UNIVERSITAS JEMBER


  Visi, misi, tujuan dan sasaran Program studi Biologi mengacu visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas dan Statuta Universitas Islam Jember. Visi, misi, tujuan dan sasaran juga berdasarkan pada tuntutan stake holders. Karenanya apabila terjadi perubahan visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas dan Universitas, maka dengan sendirinya terjadi perubahan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi. Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi melibatkan seluruh staf akademis Program Studi Pendidikan Biologi.
   Guna mensinergiskan masyarakat pengguna serta dinamika masyarakat, maka dilakukan penyelarasan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi dilakukan melalui beberapa tahapan. Pertama, pada hari Senin 18 April 2011, program studi membentuk tim kecil yang diketuai oleh  Dra. Siti Roudlotul Hikamah, M.Kes.untuk menyusun darft visi, misi. Selanjutnya Draft visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi ditampilkan dalam rapat prodi, yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 21 April 2011. Saat itu draft visi, misi, tujuan dan sasaran mendapatkan masukan dari dosen, pimpinan Fakultas, mahasiswa, alumni dan  stakeholders.
Draft yang telah relatif jadi ini diajukan ke senat fakultas dan dirapatkan pada hari Jum’at, tanggal 13 Mei 2011 untuk mendapatkan koreksi, pertimbangan dan persetujuan dari yayasan, Rektorat, senat Fakultas, pimpinan fakultas, dosen, mahasiswa, karyawan, alumni dan stakeholders.
1.  Visi
Menjadi Program Studi yang adaptif dan responsif, serta menghasilkan sarjana pendidikan biologi yang berkarakter islam  ahlussunnah waljama’ah.
2.  Misi
Menyelenggarakan pembelajaran yang efektif dan efesien dalam rangka menciptakan tenaga pendidik, khususnya dalam bidang biologi sesuai dengan tuntutan masyarakat pengguna lulusan dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini.
Menyelenggarakan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang biologi yang berkarakter islam ahlussunnah wal jama’ah.
3.   Tujuan
Mencetak Sarjana Pendidikan Biologi yang berdedikasi dan kompeten.
Mencetak sarjana pendidikan biologi yang berkualitas dan berkarakter serta peka terhadap tuntutan zaman.
Mencetak lulusan yang mampu memelihara dan mengembangkan ilmu pengetahuan biologi dan teknologi yang berdaya guna di masyarakat.
Menjalin kerjasama mutualisme dengan alumni dan para stakeholder dalam kerangka akademik dan non-akademik.
4.   Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember mengacu pada visi, misi, dan tujuan di atas adalah terwujudnya:
Mahasiswa lulus dalam durasi waktu 4 tahun dengan IPK minimal 3,0.
Peningkatan produktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember.
Menugaskan dosen dan tenaga pendidik di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Strategi Pencapaiannya adalah:
Peningkatan kapabilitas tenaga pendidik dan kependidikan dengan cara mengirimkan dalam kegiatan workshop, seminar dan kegiatan ilmiah yang relevan.
Peningkatan kemampuan paedagogik mahasiswa biologi dengan cara melaksanakan studi lapangan, praktikum laboratorium dan studi banding serta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) keguruan.
Peningkatan kualitas pembimbingan akademik bagi mahasiswa.
5. Fasilitas
Gedung & Ruang kuliah
Hotspot Area
Laboratorium
Lapangan Olahraga
Perpustakaan
6.  Sosialisasi
Sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Biologi dilakukan dengan berbagai cara:
Dicantumkan dalam buku pedoman akademik.
Dilakukan melalui rapat prodi, pertemuan informal, dan pada setiap kegiatan yang melibatkan dosen prodi pendidikan biologi.
Dilakukan melalui PK2 (Pengenalan Kehidupan Kampus)
Disosialisakan melalui organisasi mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Program studi  “Biosver”.
Ditempelkan pada ruang dosen, laboratorium, ruang ketua Program Studi kantor, dan  masing-masing ruang  perkuliahan.

0 komentar:

Posting Komentar